Angkak Baik untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bumbu masak, angkak sering digunakan sebagai herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah, karena angkak diyakini mampu meningkatkan trombosit darah. Khasiat angkak ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu oleh bangsa Cina.

angkak-2-jpeg

Angkak berasal dari beras biasa yang difermentasi dengan menggunakan kapang Monascus purpureus, sehingga menghasikan beras dengan warna merah yang merupakan warna pigmen dari kapang tersebut.Angkak mudah didapat dan harganya sangat terjangkau.

Penelitian membuktikan bahwa angkak mampu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dari penderita kolesterol. Hal ini dikarenakan adanya kelompok senyawa monakolin yang terkandung dalam angkak. Senyawa ini memiliki kesamaan struktur dna fungsi dengan lovastatin.

Lovastatin, sejauh yang kita kenal merupakan salah satu zat yang digunakan untuk anti kolesterol. Obat ini terbilang efektif untuk menurunkan kolesterol. Angkak yang mengandung senyawa monakolin, dianggap bisa mengatasi masalah yang sama. Senyawa monakolin ini akan menghambat kerja enzim yang membentuk kolesterol. Hasilnya, kadar kolesterol akan menurun karena kerja yang terhambat.

Beberapa penelitian lainnya juga menyebut adanya manfaat angkak untuk menjaga tekanan darah. Dengan banyaknya manfaat angkak bagi kesehatan, maka tidak salah jika angkak dianggap sebagai bahan makanan yang baik untuk kesehatan.

Cara mengkonsumsi angkak adalah dengan merebus angkak tersebut, kemudian meminum air rebusannya secara rutin dan teratur. Seiring kemajuan teknologi, saat ini terdapat angkak yang sudah diekstrak dalam bentuk kapsul.